Admin

Cara Mengobati Radang Tenggorokan saat Puasa

|
radang tenggorokan
Marhaban  ya,,, ramadhan! Di bulan suci yang penuh berkah ini rasanya kita ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa hambatan dan gangguan. Namun jika menu makanan kita di bulan ramadhan ini tidak sehat maka penyakit pun mudah datang menghampiri kita, salah satu contohnya yaitu penyakit radang tenggorokan atau sakit tenggorokan biasa tapi tidak diobati, berubah deh jadi radang tenggorokan. Bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan saat puasa? Simak yuk! ulasan berikut ini.

Kebanyakan, orang yang suka makan gorengan lebih rentan terkena radang tenggorokan, alasannya karena mereka lebih banyak mengonsumsi minyak dan lemak daripada makanan yang banyak mengandung vitamin dan serat. Faktor penyebab radang tenggorokan lainnya adalah karena tingkat polusi yang buruk dan debu yang banyak mengandung kuman, akibatnya tenggorokan menjadi mudah terinfeksi dan terjadilah radang tenggorokan.

Pengertian radang tenggorokan - Radang tenggorokan atau istilah medisnya dikenal dengan sebutan Faringitis adalah suatu penyakit atau gangguan kesehatan dimana terjadi peradangan atau inflamasi pada tenggorokan atau hulu kerongkongan (pharynx), radang ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus karena daya tahan tubuh yang lemah. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, meradang, dan terasa sakit. Jenis penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan (diobati) karena jika tidak bisa menimbulkan komplikasi seperti radang ginjal dan demam rematik.

Radang tenggorokan sendiri biasanya merupakan gejala atau tanda datangnya penyakit flu atau pilek. Dalam hal ini, terdapat dua jenis radang tenggorokan yaitu akut dan kronis:
  1. Faringitis akut, radang tenggorokan yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk.
  2. Faringitis kronis, merupakan radang tenggorokan yang sudah berlangsung dalam waktu lama, biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.
Sebelum melakukan pencegahan, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja gejala awal dari penyakit radang tenggorokan ini. Berikut ini beberapa gejala penyakit radang tenggorokan dilihat dari penyebabnya. 

a. Disebabkan oleh bakteri

Infeksi oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus, kemungkinan orang yang mengalami radang tenggorokan sudah tertular 2-7 hari sebelumnya. Jika infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri streptococcus sebaiknya segera diperiksa ke dokter, karena jika tidak ditangani secara serius, infeksi ini dapat menjalar ke katup jantung dan dapat menyebabkan penyakit Demam Rhematik.

Ciri-ciri atau gejalanya: sakit saat menelan, kelenjar leher membengkak, bagian tenggorokan berwarna merah cerah dan terdapat cairan bercak putih, serta suhu badan meningkat atau demam yang seringkali disertai dengan menggigil.

b. Disebabkan oleh virus

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya tergolong lebih ringan, tetapi jika melakukan pengobatan dengan antibiotik saja tidak efektif jika infeksinya disebabkan oleh virus karena pemberian antibiotik dapat menimbulkan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik.

Ciri-ciri atau gejalanya: Rasa pedih, gatal, dan kering dalam tenggorokan; Batuk dan bersin yang menyebabkan suara menjadi serak; biasanya tidak mengalami demam, tetapi dalam beberapa kasus mengalami sedikit demam.

Tips Mencegah Radang Tenggorokan saat Puasa Ramadhan


Jika kita sudah terlanjur terkena radang tenggorokan, maka langkah terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menghindari penyebab yang dapat menimbulkan radang tenggorokan, dan mengonsumsi makanan yang sehat saat berbuka dan sahur juga dapat membantu kita supaya  terhindar dari penyakit ini. Bagi setiap orang yang mudah terkena radang tenggorokan, hal yang paling penting dijaga saat puasa ramadhan adalah makanan. Jauhilah makanan yang mengandung protein dan kalori tinggi seperti daging, susu, telur, ayam, dan ikan. Tidak lupa untuk sering mengonsumsi buah-buahan dan makanan yang banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, C, E, B6, B1, asam folat yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari pula makanan yang berminyak, pedas, dan asam karena dapat menyebabkan radang tenggorokan bertambah parah, jangan lupa selalu minum air putih yang cukup.

ace maxs
Nah,,, selain dengan mengikuti saran diatas, Anda juga bisa melengkapi pengobatan radang tenggorokan dengan menggunakan obat herbal untuk radang tenggorokan, yaitu dengan Ace Max's. Kenapa harus dengan Ace Max's? karena obat herbal ini memiliki kandungan serta manfaat yang dibutuhkan oleh penderita radang tenggorokan, herbal ini aman dan halal, terbuat dari perpaduan ekstrak kulit manggis dan daun sirsak. Jika berminat, silahkan klik DISINI! untuk informasi selengkapnya.


Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog yang sederhana ini dan bersedia menyempatkan waktu untuk menyimak artikel mengenai Cara Mengobati Radang Tenggorokan saat Puasa. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan bisa membantu meringankan beban Anda. Salam Sehat! ^_^

3 komentar:

  1. radang tenggorokan memang menyusahkan, teruatama saat makan. nyeri..

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat bermanfaat sekali, di tunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus
  3. Tenggorokan saya sakit dok, kmarin saat berbuka, saya berbuka dengan es . malemnya tenggorokan gatel2 dan seperti ad yg mengganjal. Itu obatnya ap ya?

    BalasHapus

*NO LIVE LINK! NO SPAM! karena akan di hapus.
*Berkomentarlah dengan baik dan bijak, sesuai dengan topik.
*Gunakan Name/URL untuk mendapatkan backlink.

Insert Emoticons
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top