Admin

Tips Memilih Makanan Sehat Selama Bulan Puasa

|
menu bulan puasa

Selamat menunaikan ibadah puasa guys... ^_^. Di bulan puasa/ramadhan seperti ini, pasti banyak sekali orang yang berjualan berbagai macam makanan dan minuman yang menggiurkan untuk berbuka, tapi ingat ya,,, jangan sembarang jajan kalau tidak mau terkena penyakit di bulan puasa ini. Sudah pada tahu belum kalau ternyata berpuasa itu bagus untuk kesehatan lho! terutama bagi yang punya penyakit maag ringan, dengan berpuasa bisa jadi terapi untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Kembali ke topik, kali ini saya akan mencoba berbagi informasi mengenai Tips Memilih Makanan Sehat Selama Bulan Puasa agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Masalah kesehatan pada manusia biasanya timbul karena faktor asupan makanan yang tidak tepat, kurang tidur, dan pikiran. Faktor makanan yang tidak tepat dan cenderung berlebihan justru yang paling sering ditemui. Apalagi di bulan puasa seperti ini, dimana waktu makan hanya dua kali yaitu saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu, pemilihan makanan harus lebih cermat agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Berikut beberapa tips memilih menu makanan sehat untuk puasa.
  1. Selalu konsumsi makanan yang bergizi baik saat sahur ataupun berbuka. Tidak perlu mewah dan serba ada yang penting mengandung 5 unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin. Bagi Anda yang ingin kuat menahan lapar, sebaiknya konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat, yang terdapat dalam sayur dan buah, sebab tubuh memerlukan waktu lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat, selain itu bisa mengurangi rasa lapar juga.
  2. Saat berbuka, jangan langsung minum minuman dingin atau minuman yang mengandung es. Tapi sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minum air hangat atau teh manis hangat, karena dengan air dingin perut bisa kembung yang akhirnya asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak dan itu tidak bagus untuk kesehatan.
  3. Setelah berbuka jangan langsung makan besar. Disarankan untuk sholat maghrib terlebih dahulu setelah membatalkan puasa, kemudian makanlah makanan yang ringan dulu biar lambung tidak kaget setelah kosong seharian dan memerlukan ruang kosong untuk mencerna makanan. Nah, baru setelah beberapa lama atau setelah sholat tarawih sobat bisa makan besar.
  4. Konsumsilah beras merah. Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibandingkan dengan nasi putih, dengan mengkonsumsi nasi merah maka akan membuat kita kenyang lebih lama dan juga mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu nasi merah juga baik dikonsumsi untuk buka puasa maupun pada saat sahur.
  5. Hindari makanan yang tidak mengandung nutrisi. Selama kita menjalankan ibadah puasa, alangkah lebih baiknya jika kita menghindari makanan putih seperti gula pasir, roti tawar, dan nasi putih. Karena bahan panganan tersebut tidak mengandung nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Bila kita ingin mengkonsumsi roti atau nasi, pilihlah roti gandum serta nasi merah yang memiliki serat tinggi.
  6. Konsumsi sayuran berdaun hijau. Tubuh kita membutuhkan suplai vitamin dan juga serat, tentunya semua itu bisa kita dapatkan pada sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Tips sederhana dalam memasak sayuran lebih baik kita tumis sayuran tersebut atau di sayur akan tetapi jangan sampai layu  dalam pengolahannya karena akan banyak kandungan vitamin yang hilang.
  7. Pilih makanan yang mengandung banyak air. Selama menjalankan ibadah puasa tentunya tubuh kita akan lebih mudah kekurangan air untuk mengembalikan stok cairan dalam tubuh, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air misalnya semangka, labu, pir, jus sayuran, atau air kelapa.
  8. Jauhi makanan berminyak. Nah makanan yang satu ini yang mungkin sering kita konsumsi, alangkah lebih baik jika kita menjauhi makanan yang digoreng apalagi sampai minyaknya masih pada nempel. salah satu makanan yang berminyak yaitu Ayam goreng, kentang goreng, bahkan tempe goreng dan bakwan begitu menggoda kala berbuka puasa. Namun ternyata, makanan yang diolah dalam penggorengan dan minyak tidaklah bagus dikonsumsi ketika berbuka. Sebab, kandungan minyak yang ada di dalamnya membuat makanan ini sulit dicerna oleh tubuh. "Ada baiknya menyantap makanan pembuka yang dipanggang, bukan digoreng."
  9. Konsumsi buah-buahan. Buah-buahan segar bagus bagi tubuh kita dan dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengkonsumsi makanan lain, alangkah lebih baik jika kita mengkonsumsi buah-buahan meskipun sedikit pada saat kita berbuka puasa. Karena vitamin yang ada pada buah-buahan dapat membuat tubuh merasa lebih segar.
  10. Konsumsi kacang-kacangan. Pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan kita mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan. Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Kita bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi saat buka puasa.
  11. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jika kita mengkonsumsi karbohidrat tinggi seperti kentang goreng, nasi putih beserta lauk, makanan seperti itulah yang harus dijauhi karena setelah dicerna karbohidrat akan berubah menjadi gula, dan dalam tubuh gula akan menyedot energi kita. alangkah lebih baik kita kurangi atau jangan terlalu berlebihan.
Selama berpuasa, baik sahur maupun berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Nah, itulah tips-tips memilih menu makanan sehat selama bulan puasa agar tubuh kita selalu sehat, apalagi disaat berpuasa, menjaga kesehatan sangatlah penting agar kita bisa memperoleh hasil yang sempurna. Selain itu, ketika waktu berbuka sudah tiba jangan terlalu berlebihan makannya dan jangan terburu-buru, pelan-pelan saja. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, terimakasih dan salam sehat!.

Sumber:
jejeradio.com
bunda-kecilku.blogspot.com
food.detik.com

5 komentar:

  1. wah baru tahu nih saya info ini hehe.
    akan saya praktekan di bulan puasa tahun ini gan ..
    makasih banyak info sehat nya :))

    BalasHapus
  2. wah boleh nih saya praktekan di bulan puasa tahun ini ...
    terima kasih ya gan infonya hehe :D

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  4. topik yang disajikan sangat bagus
    dan tampilan blog nya keren
    thanks gan

    BalasHapus

*NO LIVE LINK! NO SPAM! karena akan di hapus.
*Berkomentarlah dengan baik dan bijak, sesuai dengan topik.
*Gunakan Name/URL untuk mendapatkan backlink.

Insert Emoticons
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top