Admin

Tips Alami Mengatasi Bau Mulut saat Puasa

|
bau mulut saat puasa
Ketika sedang berpuasa, kebanyakan orang pasit sering mengalami yang namanya "bau mulut", benar? Bau mulut atau haliosis sering menjadi masalah disaat berpuasa, dan kadang membuat kita merasa kurang percaya diri. Bau mulut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti halnya penuaan, obat-obatan, sakit gigi, gigi palsu, dan yang sudah jelas adalah kebersihan mulut yang buruk.

Berikut beberapa faktor pemicu timbulnya bau mulut saat puasa, yaitu :
  • Di dalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa makan, maka mulut akan memproduksi saliva, namun ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri dapat berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap di mulut.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami oleh pengidap diabetes atau maag.
Lalu, adakah Tips Alami Mengatasi Bau Mulut saat Puasa di bulan ramadhan? Tentu saja ada, simak tips cara mencegah bau mulut saat puasa berikut ini.
  1. Minumlah air putih sekitar 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, hal ini dapat membantu mencegah bau mulut di siang hari. Karena air putih dapat meningkatkan produksi saliva atau air lius, sehingga kebersihan mulut akan tetap terjaga.
  2. Menggosok gigi dengan benar dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap di mulut.
  3. Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka dapat mencegah bau mulut. Teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernapasan. Meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernapasan.
  4. Hindari mengonsumsi makanan yang berbau tidak sedap seperti petai, jengkol, atau durian.
  5. Kurangi merokok atau tidak sama sekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berperan penting dalam mengurangi bau mulut pada siang hari di bulan puasa.
  6. Tidak mengonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainnya. Makanan lengket akan lebih susah untuk dibersihkan, ditambah lagi akan menempel pada gigi dalam waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan bau mulut.
  7. Gunakan obat kumur (mouthwash) untuk mendapatkan hasil mulut yang bersih maksimal.
  8. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang menyebabkan bau mulut.
  9. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh temasuk penyebab bau mulut. Hindari tidur terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.
Bila cara-cara di atas telah dilakukan namun masih bau mulut, maka konsultasilah ke dokter karena bau mulut bisa juga karena faktor dari dalam tubuh seperti punya penyakit maag, gangguan pernapasan, diabetes, atau penyakit lainnya.

Bahan Alami Pencegah Bau Mulut

  • Timun Rebus >> Timun rebus bisa menekan asam yang berlebihan pada lambung, sehingga asam lambung tidak naik dan bau mulut pun bisa dihindari.
  • Daun Peterseli >> Kandungan senyawa aktif pada daun peterseli sangat baik untuk atasi bau mulut karena peterseli ini bisa membunuh bakteri dalam mulut kita.
  • Jeruk Nipis >> Penyebab bau mulut saat puasa juga bisa karena cairan empedu yang berlebihan, oleh karena itu konsumsilah jeruk nipis karena banyak mengandung vitamin C.
  • Daun Beluntas >> Mengonsumsi ramuan tradisional seperti daun beluntas dengan kencur bisa juga ditambahkan daun sirih, bermanfaat untuk menyeimbangkan liver dan empedu. Cara ini juga bisa menetralisir bau mulut saat puasa.
  • Daun Kemangi >> Daun kemangi ataupun daun selasih, bermanfaat untuk membasmi bau mulut saat puasa. Kandungan aromatik dalam kemangi sangat cocok untuk mengatasi bau mulut. Selain itu, kemangi dan selasih juga bermanfaat untuk mengatasi kontraksi otot pada perut dan juga usus.
Nah, itulah beberapa tips dan cara alami mengatasi bau mulut di bulan puasa, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa, ^_^


Sumber:
drozindonesiatranstv.blogspot.com
blog.lazada.co.id

2 komentar:

  1. Dari 9 tips di atas...hanya penggunaan benang gigi yang blm saya coba.
    Semoga itu sdh cukup untuk menjaga kesehatan mulut saya pas lagi puasa.

    BalasHapus
  2. terimakasih tipsnya gan,.. sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus

*NO LIVE LINK! NO SPAM! karena akan di hapus.
*Berkomentarlah dengan baik dan bijak, sesuai dengan topik.
*Gunakan Name/URL untuk mendapatkan backlink.

Insert Emoticons
:))
:((
:D
:(
=))
b-(
:)
:P
:-o
:*
:-s
[-(
@-)
=d>
b-)
:-?
:->
X-(

Top